Saturday 29 October 2016

Jika Sungut Arowana Putus


RTG Tanpa Kumis

Setiap penghobby ikan arwana sudah pasti menginginkan bentuk ikan kesayangannya terlihat sempurna tanpa ada cacat sedikitpun, kecuali penghoby arwana yang kelas "uniq" seperti arwana yang bentuk tubuhnya tidak normal memang cacat sejak lahir, karena ikan-ikan arwana yang uniq tersebut memang ada kelas nya di kontes arwana.

Berbeda hal dengan kekurangan fisik arwana karena akibat terluka dan lain lain, seperti sungut yang putus atau bahkan tercabut hilang sama sekali. 

Pengalaman saya setelah memelihara ikan arwana yang sungutnya terputus bahkan bisa dikatakan tercabut sampai ke akarnya kemungkinan sangat besar bahwa sungut tersebut tidak akan tumbuh kembali. Saya beli ikan arwana Golden Red sekitar dua tahun yang lalu dalam kondisi sungut terputus akibat di hajar arwana lain (si pemilik waktu itu jual murah karena kondisinya sedikit babak belur karena di hajar arwana lain), dengan iming iming bahwa semua fisiknya akan normal kembali dalam jangka waktu 3 sd 4 bulan akhirnya kita percaya dan kita beli.

Setelah 3 bulan memang hampir semua fisik arwana pulih dan normal kembali kecuali SUNGUTnya. Saya tunggu lagi sampai setahun dan dua tahun ternyata tetap saja sungut tersebut tidak tumbuh.

Setelah sharing dengan beberapa suhu dan master arwana, ternyata memang jika sungut arwana putus sampai ke akarnya maka jangan berharap banyak sungut tersebut akan tumbuh kembali, bahkan bisa dipastikan tidak akan bisa tumbuh lagi.

Jika sungut arwana putus dari tengah atau masih ada sisa sungut maka harapan untuk tumbuh masih berpeluang besar, masih bisa tumbuh dengan normal kembali.

Jadi, jika rekan rekan penghoby arwana terutama para newbie yang ingin membeli arwana dengan kondisi sungut terputus dari pangkal (dari akar) harus siap dan harus tau bahwa kondisi ke depan akan bagaimana.

Walaupun tanpa sungut, ikan arwana Golden Red dirumah tetap disayang...... hehe

Salam AroLovers
4DArow




4 comments:

  1. SR saya ga putus sampai akar tapi ko ga numbuh2 ya gan? Gimana caranya ya..apakah ada yg bisa menperbaikinya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ikan suami sy tidak mau makan...sungut nya putus...lps satu satu putus..arowana saya hanya seekor sahaja dlm aquarium kenapa ya..😭😭sy jaga ikan suami saya sahaja

      Delete
  2. Harus di lukai ujung sungutnya agar merangsang untuk tmbuh

    ReplyDelete
  3. Harrah's Resort Atlantic City - Mapyro
    Harrah's Resort Atlantic City. Find your 문경 출장안마 way around the casino, find where everything is located with Mapyro. From 전주 출장마사지 the 울산광역 출장샵 moment you walk 대구광역 출장마사지 through 상주 출장샵

    ReplyDelete