Wednesday 5 October 2016

Arowana "vs" Ikan Hias lain


Arowana


Kalau di dunia tanaman hias ikan Arwana itu ibarat tanaman Bonsai.. Dulu banyak sekali tanaman hias lain seperti Tanaman Anthurium, Tanaman Aglaonema, Bunga Adenium, Bunga Nepenthes (Kantung Semar), Tanaman Euphorbia dan lain lain yang booming dan harga yang fantastis, akan tetapi seiring waktu tanaman tanaman hias tersebut harganya redup dan turun drastis. Tetapi hal itu tidak berlaku dengan "Si Kerdil" Bonsai yang semakin lama harganya semakin naik perlahan hingga sekarang dan memiliki para penggemar yang setia bahkan memiliki komunitas di beberapa daerah bahkan di beberapa negara di dunia.



Demikian halnya dengan Ikan Arwana seperti Super Red, Golden Red (RTG), Golden Cross Back dan lain lain yang harganya selalu bertahan bahkan cenderung meningkat, tidak seperti ikan hias lain seperti Louhan, Mas Koki dan lain lain yang peminatnya muncul pada saat saat tertentu saja.



Hal ini bukan hanya karena ikan Arwana dan Bonsai memiliki penampilan yang elegan, unik dan menarik dan bukan juga hanya ikan arwana dianggap hoki dan menjadi simbol kemewahan seseorang.



Akan tetapi yang paling penting adalah untuk menciptakan seekor arwana atau sebatang bonsai yang menarik dan gagah butuh perawatan dan proses yang panjang dan sabar. 

Super Red Arowana

Sebatang bonsai yang kerdil dan kokoh proses perawatannya membutuhkan waktu bertahun tahun dan butuh kesabaran yang extra serta butuh keahlian tangan yang "dingin" sehingga tercipta sebatang bonsai yang elegan dan mahal. 



Demikian halnya juga dengan untuk menciptakan seekor ikan Arwana yang anggun dan gagah dengan corak kecerahan warna yang luar biasa, membutuhkan proses yang panjang juga. Mulai perawatan dari telur tidak semua arwana sukses bisa hidup dan sehat, proses perawatan arwana anakan juga harus memiliki keterampilan yang sabar dan paham tata cara pemeliharaan arwana serta proses arwana menjadikannya "sang juara" dirumah membutuhkan perhatian dan ilmu yang cukup tentang ikan arwana bahkan bisa terjadi beberapa kegagalan jika tidak dirawat dengan baik dan enggan konsultasi dengan yang sudah berpengalaman.



Seperti kata sesepuh saya "untuk menjadikan sebuah berlian yang cantik dan berharga, pengrajin butuh proses penempaan yang cukup lama dan berat ".



Kritik dan Saran bisa komentar dibawah... 



Salam AroLovers

4DArow

No comments:

Post a Comment