Friday 7 October 2016

Arowana dan Kapiat




Ikan Kapiat atau bisa juga disebut Tengadak atau Kepiat yang dalam bahasa latinnya "Barbonymus Schwanenfeldii" adalah jenis ikan tawar yang masih satu kerabat dengan ikan mas, ikan ini menyebar di sungai asia tenggara. 


Habitat ikan ini adalah sungai-sungai besar dan kecil termasuk di kanal-kanal dan parit, kapiat lebih banyak memakan tumbuhan seperti lumut, tumbuh tumbuhan darat yang terendam didalam air, ganggang, hewan hewan kecil seperti mikroba dan lain lain.



Karena kapiat jenis ikan pemakan segalanya makanya ikan ini sangat cocok dijadikan "tankmate" ikan arwana, karena kapiat bisa membersihkan aquarium dari lumut, kotoran arwana, sisa sisa makanan yang dihuni oleh arwana.


Sebenarnya masih banyak ikan ikan lain yang bisa dijadikan tankmate si arwana didalam aquarium yang selain bisa menjadi sahabat bisa juga menjadi tukang bersih bersih di "rumah" sang Arwana. Seperti ikan sapu sapu, oscar, tiger datz, fei feng, cat fish dan lain lain, akan tetapi sejauh ini yang paling cocok dijadikan tankmate arwana tetap saja ikan kapiat di posisi teratas. 


Akan tetapi harus disesuaikan ukuran kapiat dengan arwana dalam satu aquarium, jangan sampai ikan kapiat ukurannya terlalu jauh lebih kecil dari arwana karena bukannya dijadikan sahabat malah akan dijadikan santapan oleh arwana.





Begitu juga sebaliknya jangan sampai ukuran kapiat sama besar atau lebih besar dari ikan arwana karena keduanya bisa saling serang sehingga menyebabkan ikan arwana anda terluka atau takut sehingga mempengaruhi mental si arwana. 



Dan perlu diketahui bahwa tankmate arwana bukanlah suatu keharusan dalam memelihara arwana, karena sebenarnya arwana adalah karakter ikan yang lebih senang dan lebih gagah sendirian. Akan tetapi beberapa aro lovers senang jika arwana kesayangannya ditemani dengan beberapa ikan lain. 

Tergantung Selera....

Mohon berikan komentar kritik dan saran.

Salam AroLovers
4DArow

2 comments: