Monday 26 September 2016

Cara Perawatan Arowana Untuk Para Pemula (Newbie)



Bagi para pecinta arowana yang sudah kawakan/berpengalaman dan sudah lama malang melintang di dunia ikan arowana mungkin sudah sangat paham bagaimana cara perawatan arowana mulai dari anakan sampai dewasa sehingga sampai menjadi seekor arowana yang anggun, gagah perkasa dan di lirik semua orang sehingga menjadi seekor ikan yang super duper mahal dan bikin iri Aro Lovers yang lain !!



Yang akan saya tulis disini adalah pengalaman pribadi saya mulai dari saya pertama kali hobby arwana sampai sekarang, jadi bukan hanya berdasarkan teori atau copy paste dari tetangga sebelah. Tetapi berbagi pengalaman apa yang telah saya pelajari selama saya merawat "sang jagoan" dirumah.



Awal saya mulai tertarik dengan arowana sebenarnya sudah sangat lama, tetapi karena "takut" yang katanya ikan ini sangat mahal belum lagi harus beli aquarium yang katanya tak kalah mahal sehingga membuat saya merasa belum mampu secara finansial untuk memenuhi hasrat hobby yang satu ini (maklum saya hidup dari gajian). Akan tetapi tiba pada saatnya saya mulai memberanikan diri merapat dan sering mengunjungi ditempat2 aquarium yang jual arowana. Awalnya saya coba beli aquarium kecil dan beli ikan hias seperti mas koki dll, dan pada akhirnya membuat saya lebih sering main ke tempat aquarium langganan. Dan ada satu hal yang sampai sekarang masih saya ingat kata kata si pemilik aquarium saat itu, katanya "hobby ikan hias itu akan tiba saatnya bosan kalau belum memiliki seekor Arowana". 



Ternyata benar sekali beberapa bulan kemudian hasrat untuk memiliki peliharaan ikan arowana semakin menjadi dan saya ditawari seekor Arowana Silver ukuran 25 cm dengan harga yang cukup terjangkau saat itu. Jadilah saya memiliki seekor arowana silver yang sangat disayangi dan selalu dirawat.



Dimulai dari ikan arowana silver inilah saya belajar bagaimana cara melakukan perawatan ikan arowana, perawatan air di aquarium, cara pemberian makan, bagaimana cara pola mengatur air dan lain lain. Sebenarnya perawatannya ikan arowana termasuk gampang tetapi harus penuh perhatian dan sabar.



Paling tidak ada sepuluh hal yang harus kita ketahui sebagai seorang newbie :



Pertama : 

Sebelum ikan dimasukkan ke dalam aquarium pertama kali, pastikan bahwa air tersebut sudah steril dan usahakan air yang sudah disiapkan di dalam tank sudah siap dua hari sebelum ikan dilepas, untuk menghindari penyakit ikan yang timbul bisa di campur dengan garam ikan (banyak dijual di toko2 aquarium). 


Kedua : 

Pastikan filter air selalu mengalir dan siapkan cadangan aerator yang menggunakan baterai, hal ini untuk antisipasi jika terjadi mati lampu (maklum PLN sekarang lebih sering mati), karena jika tanpa ada oksigen lebih dari 24 jam ikan akan lemas karena kekurangan oksigen, bahkan kalau terlalu lama bisa berakibat fatal.


Ketiga :

Setelah si Arowana dilepas untuk pertama kalinya di tank aquarium yang kita sediakan, jangan pernah diberi makan sampai 24 jam (biarkan dia puasa selama itu), hal ini untuk menghindari ikan mabuk dan muntah. Setelah melewati masa 24 jam silahkan di coba dengan makanan2 ringan seperti jangkrik, kecoa dll.

Keempat : 
Untuk tahap awal kemungkinan ikan akan banyak berdiam diri bahkan sering berdiam diri di dasar aquarium, hal ini biasanya karena ikan masih menyesuaikan diri di aquarium baru, kecuali jika kita sudah mendapatkan seekor arowana yang sudah memiliki mental yang bagus maka ikan akan tetap agresif dan makan lahap.


Kelima :

Proses penggantian air lakukan minimal dua kali selama seminggu, air tidak harus diganti total akan tetapi cukup 20% sd 50% air saja tergantung kondisi air di aquarium, prioritaskan buang air dari dasar karena kotoran dan lain lain banyak mengendap di dasar aquarium. Kalaupun mau mengganti total air (minimal sisakan 10% air) cukup lakukan satu kali sebulan dan pastikan bahwa arowana kesayangan kita dalam kondisi fisik yang sehat dan kuat.


Keenam : 

Rutin bersihkan dan ganti busa dari filter air untuk menghindari penyakit penyakit ikan yang timbul seperti penyakit kutu jarum dll.


Ketujuh :

Sekali kali bisa diberikan makanan yang mengandung lemak seperti anak ikan mas, kodok dll untuk masa pertumbuhan arowana.


Kedelapan :

Untuk menjaga keindahan dan kecerahan warna ikan arowana anda beri makan seperti kelabang, jangkrik, ulat jerman dll (tetapi untuk ulat jerman jangan terlalu banyak karena bisa menyebabkan ambeyen).


Kesembilan :

Beri penyinaran UV yang cukup dengan lampu yang banyak di jual di toko toko aquarium, hal ini untuk pengganti sinar matahari.


Kesepuluh :

Pastikan Aquarium anda tertutup untuk menghindari arowana anda loncat indah keluar sehingga menyebabkan mati, banyak faktor yang menyebabkan arowana loncat, bisa karena ada serangga atau cicak yang mendekat di aquarium.


Untuk hobby arowana usahakan di mulai dari ikan Arowana Silver terlebih dahulu, setelah kita merasa sudah cukup matang dalam memelihara dan merawat ikan arowana barulah hobby kita naik peringkat ke Golden Red dan Super Red. 



Karena kalau masa percobaan hobby kita gagal maka tidak akan terlalu rugi banyak (karena arowana silver harganya terjangkau). Kalau Arowana Super Red yang dijadikan uji coba trus gagal.. bisa bisa kita berkabung berminggu minggu...



Perbanyak belajar dan sharing baik bertanya langsung dengan rekan rekan satu hobby ataupun belajar di blog2 di internet..



Mudah mudahan tulisan ini bermanfaat bagi para newbie Arowana, jika dilakukan dengan sabar dan telaten saya pastikan Arowana anda akan menjadi SANG JAWARA di Kandangnya bahkan di kontes lokal dan nasional...




----->> Akhirnya sekarang saya sudah memilik 1 ekor Golden Red dan 1 ekor Super Red yang sehat dan anggun menghiasi kamar dan ruang tamu.


Salam AroLovers...
4DArow

https://www.facebook.com/groups/678561442313025/?ref=aymt_homepage_panel


No comments:

Post a Comment